16:04

MERAUKE KOTA RUSA


Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia begitu luas dan begitu kaya akan berbagai keragaman adat dan budaya. Siapa yang menyangka saya berkesempatan mengunjungi kota yang terletak di ujung timur Indonesia ini, Merauke. Kota yang nyaman dan tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.Kota rusa sebutan lain untuk Merauke ini. Kenapa Kota Rusa? Saya tidak tahu pastinya, mungkin dulunya banyak rusa di kota ini, sekarang kita bisa menemukan rusa yang sudah jadi dendeng ataupun bakso yang bisa kita bawa sebagai oleh-oleh.

Perjalanan saya di mulai dari Kendari temapt saya bekerja, menuju Makassar menggunakan transportasi udara. Cukup lama saya harus transit di Makassar ini, karena penerbangan menuju Jayapura rata-rata penerbangan dini hari. Perjalanan saya lanjut dengan penerbangan sekitar 3 jam menuju Jayapura. Alhamdulillah ketika transit di Jayapura di sambut dengan indahnya pemandangan di Bandara Sentani ini. Melanjutkan perjalanan menuju kota tujuan di tempuh dengan perjalanan udara sekitar 1 jam. Pagi yang cerah ketika saya sampai di Bandara Mopah, Merauke.








Kota yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini. Yap, pada kesempatan kali ini saya akan mengunjungi perbatasan itu. Sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Merauke untuk menuju perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini yang terletak di Distrik Sota. Melewati Taman Nasional Wasur, hanya tampak jalanan yang lurus dan jarang berpapasan dengan kendaraan lain. Di kanan kiri jalan tampak pepohonan yang menyejukkan mata. Di sepanjang jalan kita juga bisa melihat Rumah Semut atau biasa di sebut Musamus yang mungkin hanya dapat di temukan di Merauke ini.



 

Gerbang bertuliskan “Goodbye and See You Again Anotherday” inilah penanda perbatasan dengan Papua Nugini. Kita bisa berjalan-jalam di sekitar tugu ini, terdapat beberapa tugu yang di bangun di tempat ini. Kita juga bisa menemukan beberapa rumah semut yang menjulang tinggi. Satu hal yang perlu kita ingat ketika berkunjung ke suatu tempat, janganlah mengambil ataupun merusak, ambil lah foto saja sebagai kenangan.



 










Souvenir dari kota Rusa 1.1
Souvenir dari kota Rusa 1.2




Souvenir dari kota Rusa 1.3

Tak lengkap ketika berkunjung ke suatu tempat tanpa berkeliling sejenak untuk melihat dan menikmati kota. Jalanan yang belum ramai dan jauh dari kemacetan, suasana kota yang masih nampak sepi namun terlihat begitu nyaman. Ada sebuah tugu yang terletak di tengah kota Merauke ini, Tugu Libra.







Tak terasa sudah 3 hari saya berada di kota yang begitu nyaman ini, masih enggan untuk meninggalkan kota dengan sejuta pengalaman baru ini. Mencari waktu untuk kembali ke Kota Rusa ini. 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images